Kisi-kisi UN 2016 SMP-MTs, SMA-MA, SMK-MAK

Peserta UN tahun 2009

Kisi-kisi merupakan panduan materi yang akan diujikan. Materi yang diajarkan di sekolah dulu tidak serta merta masuk semua dalam kisi-kisi. Bisa jadi ada beberapa materi yang tidak dievaluasi sesuai dengan pertimbangan tertentu. Kisi-kisi UN itu sendiri dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).

Dalam kisi-kisi UN 2016 yang dikeluarkan BSNP dijelaskan bahwa“Kisi-kisi soal UN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada kurikulum 2006 dan K-13”. Jadi materi UN 2016 merupakan irisan antara materi yang ada pada KTSP dan K-13. Dalam artian, materi yang diajarkan di KTSP tapi tidak diajarkan di K-13, tidak masuk kisi-kisi. Begitu pula, materi yang diajarkan di K-13 tapi tidak diajarkan di KTSP juga tidak masuk kisi-kisi.

Kisi-kisi yang merupakan irisan 2 kurikulum ini disebabkan karena saat ini sedang berjalan penggunaan 2 kurikulum di Indonesia, sehingga pemerintah memutuskan untuk hanya mengujikan materi yang dipelajari di 2 kurikulum tersebut, dalam artian siswa KTSP dan K-13 akan mengerjakan soal yang sama.